Belajar Sejarah Lewat Medsos
Belajar Sejarah Lewat Medsos

Belajar Sejarah Lewat Medsos

Twitter, Sejarah, Penggiat, Kultwit

banner
Twitter pict from pexels.com
Era media sosial sekarang ini, belajar tidak melulu harus membaca buku atau mempelajari literatur di kelas atau perpustakaan. Cukup dengan menggunakan smartphone dan membuka media sosial seperti Twitter atau Instagram kita bisa belajar banyak. Salah satu yang familiar di kalangan pengguna media sosial adalah kultwit, kependekan dari Kuliah Twitter. Kultwit merupakan serangkaian cuitan seseorang di Twitter yang membahas topik tertentu, secara berkesinambungan. Salah satu Kultwit yang cukup seru adalah Kultwit sejarah yang sering dilakukan pesohor Twitter.

Beberapa pengguna Twitter yang sering Kultwit dengan topik sejarah adalah pengguna dengan akun @yoyen. @yoyen merupakan pengguna Twitter yang tinggal di Belanda. Karena bermukim di Belanda inilah mungkin @yoyen banyak mengetahui sejarah-sejarah Indonesia yang banyak tersimpan di Belanda. Selain karena memiliki pengetahuan yang luas tentang sejarah Indonesia pada umumnya, tentunya. Selain aktif bercerita di Twit, @yoyen yang memiliki nama pengguna Lorraine Riva juga menulis blog, tepatnya di Chezloraine. Blog tersebut selain menceritakan sejarah banyak pula berisi opini pribadi, ataupun opini-opini tentang kehidupan di Belanda.

@bonnietriyana juga patut diikuti dalam hal konten-konten yang membahas sejarah di Twitter. Selain merupakan Punggawa Historia.id sebagai Pimpinan Redaksi sekaligus Direktur Utama, beliau juga orang dibalik layar akun @majalahhistoria dan @historiachannel. @bonnietriyana bermukim di Banten, dalam beberapa kesempatan sering menulis tentang sejarah Banten dan sekitarnya. Beberapa waktu lalu beliau juga ikut menggagas berdirinya museum Multatuli di Lebak, Banten. Sebagai seorang Sejarawan Nasional, twit twit beraroma sejarah tentu ditunggu banyak pengikutnya.

@jjrizal merupakan sosok di balik penerbit buku Komunitas Bambu. Komunitas Bambu sendiri merupakan penerbit buku yang mengkhususkan diri pada penerbiatan buku sejarah. Dari banyak topik sejarah yang dibahas oleh @jjrizal sebagian besar adalah sejarah kontemporer yang membahas kehidupan urban, tata kota, juga topik-topik menarik lainnya. Selain kerap membahas topik sejarah, @jjrizal juga sering membahas hal-hal yang berkaitan dengan masyarakat urban, kebudayaan kota, dan banyak lagi yang bersinggungan dengan permasalahan sosial.

Selain beberapa contoh kecil di atas, masih banyak lagi sebenarnya pengguna Twitter yang sering membicarakan topik-topik sejarah. @ubegebe1 misalnya, sering membicarakan permasalahan sejarah dan sosial Minang. Juga sejarah kontemporer Sumatera pada umumnya. @sarifidris biasa membahas perang dunia I dan II, sejarah militer, seringnya berkolaborasi bersama @sovietfoxtrot.

Di luar sana tentu masih banyak akun-akun Twitter yang banyak membahas sejarah, dan topik-topik lain yang berkaitan. Contoh di atas hanyalah sebagian kecil dari akun-akun yang sudah saya ikuti dan sering baca. Apakah pembaca di sini memiliki rekomendari akun-akun Twitter yang menarik untuk difollow dan diikuti kicauannya? silahkan tinggalkan di kolom komentar.
Advertisement banner

Baca juga:

banner

Your Reactions: